Babinsa Sipora Utara Imbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK Pada Ternak

Oleh : Super Admin Kominfo | 13 Jul 2022 | 11:54:22 WIB | Dilihat : 285 Kali

Berita Terkait

Berita Populer

Babinsa Sipora Utara Imbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK Pada Ternak

Keterangan Gambar : Foto:ist


Mentawaikab.go.id I Tuapejat - Demi mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 03 Sipora Utara, Serda Yonedi melakukan monitoring peternakan sapi milik Rio (38) di Desa Tuapejat, Senin (4/7/2022). Hal tersebut sesuai instruksi dan arahan Dandim 0319 Mentawai, Letkol Inf Febi Adrianto kepada personilnya untuk mengerahkan Babinsa di setiap wilayah binaan untuk turun langsung memantau kondisi kesehatan ternak sapi, kerbau, dan kambing di sejumlah peternakan warga.

Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus PMK dengan memperhatikan gejala terjangkitnya ternak oleh virus tersebut.

"Masyarakat atau peternak disarankan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan kesehatan hewan ternaknya dan mengantisipasi datangnya ternak sapi, kerbau, dan kambing dari desa lain,"imbau Serda Yonedi.

Lebih lanjut, bagi warga yang mendapati gejala ternak seperti air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas.

Berdasarkan pantauannya dan petugas terkait, kondisi ternak sapi sehat dan belum ditemukan gejala virus PMK. (KS/Pendim)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment