Bertemu Mahasiswa Mentawai di Makassar, Ini Pesan Bupati Mentawai

Oleh : Suardi Santo | 10 Sep 2019 | 15:31:39 WIB | Dilihat : 226 Kali
Bertemu Mahasiswa Mentawai di Makassar, Ini Pesan Bupati Mentawai

Keterangan Gambar : Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet Berdiskusi Bersama Mahasiswa Mentawai di Makasar


mentawaikab.go.id_MAKASSAR - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet bertemu dengan mahasiswa yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan di beberapa Kampus, seperti  Universitas Atma Jaya Makssar beberapa waktu lalu.

“sebagai mahasiswa, damanapun anda dikuliahkan harus mengakui identitas sebagai orang Mentawai, jangan saat ditanya orang, kita malu mengakui diri kita orang Mentawai (sasareu), harus bangga jadi orang Mentawai,” katanya saat bertemu Mahasiswa di salah satu Hotel di Makassar.

Menurutnya, banyak mahasiwa yang kuliah di Kota-kota atau di luar daerah Mentawai sering mengakui diri mereka bukan orang Mentawai, bahkan kalau ditanya hanya menyebutkan bahwa mahasiswa berasal dari daerah atau kampung lain.

“Sudah kita sekolahkan baik-baik, dibiayai oleh Pemerintah, tapi malu mengakui dirinya, sebentulnya kita tidak malu menjadi orang Mentawai, kita ini disekolahkan Pemerintah untuk membangun daerah Mentawai,”ungkapnya.

Tak hanya itu, Yudas berharap mahasiswa yang saat ini sedang mejalani pendidikan di perguruan tinggi bisa menyelesaikan studinya dan kembali ke Mentawai untuk membangun Mentawai, sebab ia berpengalaman, banyak orang yang bertugas di Mentawai dari daerah luar tidak mau ditempatkan di lokasi tugas dan ingin cepat pindah.

“Banyak yang kita tugaskan di daerah-daerah, tapi mereka tidak mau, malah timbul babagai macam alasan, maka dari itu, kita berharap adek-adek yang saat ini sedang kuliah setelah selesai, kita akan kembalikan ke daerahnya masing-masing, silakan bangun daerahnya,” katanya.

Lebih lanjut ia katakan, mahsiswa yang sekarang mempunyai tugas berat, sebab kedepan tidak ada yang diharapkan selain anak-anak mentawai yang sekarang sekolah.

“Pendidikan adalah kunci utama kemajuan Mentawai, kita harus dimanfaatkan sekarang ini, baik yang kuliah Hukum, Psikilogi, Kesehatan maupun lainnya, manfaatkan waktu. Kuliah yang dibiayai Pemrintah atau Organisasi tidak semuanya dan tidak setiap tahun selalu ada, tidak, maka manfaatkan peluang ini,” lanjut Yudas.

Yudas berpesan, kerja tidak selamanya atau tidak selalu di Pemerintahan, namun juga menjadi pengusaha atau pekerjaan lainnya, baik pengusaha Perhotelan, perdagang, pertanian serta usaha-usaha lainnya yang bisa dikembangkan di Kepulauan Mentawai.

“Apa yang akan direncanakan kedepan, bagaimana di kota maju dengan banyak inpirasi yang kita lihat, pengalaman-pengalaman seperti di Makassar ini banyak Hotel, kapan di Mentawai ada hotel seperti ini, banyak peluang usaha yang perlu kita kembangkan, jangan berharap peluang kerja hanya Pemerintahan saja, itu terbatas, bikin usaha lainnya yang dapat menghasilkan uang,” ungkapnya.

Ia juga berbagi pengalaman bahwa pendidikan tidak gampang dan tidak sama perti dulu, ia menjelaskan kalau saat ini semua serba mudah, menurutnya dulu ia sekolah sulit untuk komunikasi serta transportasi menuju sekolah atau kampus, sebab fasiltas saat itu masih terbatas, sementara sekarang sudah banyak fasiltas yang mumpuni. (Suntoro)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment