Cegah Kebakaran Hutan, BPBD dan Kodim 0319 Mentawai Adakan Pelatihan Masyarakat Peduli Api

Oleh : Suardi Santo | 27 Nov 2019 | 20:52:59 WIB | Dilihat : 365 Kali
Cegah Kebakaran Hutan, BPBD dan Kodim 0319 Mentawai Adakan Pelatihan Masyarakat Peduli Api

Keterangan Gambar : Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat membuka pelatihan masyarakat peduli api di Tuapeijat


mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepualauan Mentawai bekerjasama dengan Kodim 0319 Mentawai mengadakan pelatihan Satgas PB Masyarakat Peduli Api, dilaksanakan selama empat hari dan dibuka, pada Selasa (26/11) di Aula Kodim 0319 Mentawai.
 
Kalaksa BPBD Mentawai Novriadi menyebutkan kegiatan yang melibatkan masyarakat tersebut merupakan upaya menanggulangi bencana, hanya saja dalam pelatihan tersebut difokuskan bagaimana melakukan upaya pemadaman api, baik kebakaran hutan maupun lahan perkebunan.
 
“Kita mengadakan pelatihan ini dalam rangka mengurangi risiko kebakaran hutan atau lahan, yang mana beberapa bulan terakhir ini bertepatan pada musim kemarau, sehingga banyak kasus kebakaran hutan, untuk itu bagaimana upaya kita kedepan Satgas ini dapat mengatasi hal tersebut, tentu saja butuh dukungan dari Masyarakat,” paparnya.
 
Kegiatan pelatihan yang dibuka langsung oleh Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet  tersebut sedikitnya diikuti sebanyak 100 orang yang terdiri dari masing-masing 10 orang dari 10  Kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai, dimana kata Novriadi peserta pelatihan juga bertanggung jawab menyuarakan kepada masyarakat untuk sama-sama mewaspadai kebakaran hutan dan lahan perkebunan.
 
“Satgas juga harus memahami faktor penyebab kebakaran hutan dan lahan, kemudian dampak kebakaran hutan dan cara mengatasinya, selanjutnya menyampaikan kepada masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai petani, agar melakukan pembersihan lahan tidak dengan cara membakar,” paparnya.
 
Ia berharap dengan dibentuknya Satgas PB Masyarakat tersebut dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya pembakaran lahan pertanian, kasus kebakaran hutan dan lahan di Kepulauan Mentawai dapat dihindari. (Red).

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment