Dampak Gempa Beruntun di Siberut Kepulauan Mentawai

Oleh : Super Admin Kominfo | 30 Agu 2022 | 14:20:53 WIB | Dilihat : 243 Kali

Berita Terkait

Berita Populer

Dampak Gempa Beruntun di Siberut Kepulauan Mentawai

Keterangan Gambar : Foto Ilustrasi


Mentawaikab.go.id I Siberut Barat - Pasca tiga kali diguncang gempa yang berpusat di Barat laut Kepulauan Mentawai dengan  magnitudo 5 Skala Richter, yakni 5,2 SR, 5,9 SR, dan 6,4 SR pada Senin (29/8/2022), sejumlah warga mengungsi ke tempat evakuasi dan beberapa fasilitas umum dilaporkan mengalami rusak ringan hingga rusak berat.

Novriadi, Kepala Pelaksana BPBD Mentawai mengatakan bahwa gempa terasa sangat kuat di daerah Siberut Barat.

"Kita mengimbau warga tetap waspada dan siaga mengantisipasi gempa susulan yang lebih besar dan mengungsi ke tempat evakuasi,"ujar Novriadi.

Mengantisipasi gempa susulan yang lebih besar, warga di Dusun Simalegi muara Desa Simalegi yang bermukim di tepi pantai, mengungsi ke perladangan masyarakat di dataran tinggi.

Kemudian, masyarakat Betaet Desa Simalegi sekira 500 jiwa yang juga berlokasi di tepi pantai, mengungsi di dataran tinggi pada tiga titik, yaitu di posko pengungsi yang dibangun NGO ASB pada program desa tangguh bencana, rumah masyarakat di dataran tinggi, dan perladangan masyarakat (tanpa pondok) di dataran tinggi.

Selain itu,  di Kecamatan Siberut Utara, sejumlah warga mengungsi ke arah perladangan di Tamairang yang jauh dari pantai.

Sementara itu, kerusakan terjadi pada fasilitas umum SMPN 03 Simatalu yaitu retak-retak, gedung SDN 18 Simalegi dindingnya juga retak. Lalu, SDN 11 mengalami rusak berat. Kemudian, dinding puskesmas Betaet  retak dan pintu terlepas. Lalu, satu unit rumah ibadah gereja katolik di Dusun Simalibbeg Desa Simatalu mengalami retak dan plafon berjatuhan. Selain itu, gedung kantor Camat Siberut Barat juga retak, dan salah satu rumah warga rusak ringan. 

Adapun bantuan yang telah disalurkan ke tempat pengungsian berupa tiga buah terpal untuk tenda pengungsi yang diberikan Kecamatan Siberut Barat dan gudang bansos dari Dinsos.(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment