Demi Promosikan Pariwisata, Wagub Sumbar Naiki Jetki Tempuh Padang - Mentawai

Oleh : Super Admin Kominfo | 24 Feb 2022 | 12:21:45 WIB | Dilihat : 1,274 Kali
Demi Promosikan Pariwisata, Wagub Sumbar Naiki Jetki Tempuh Padang - Mentawai

Keterangan Gambar : Wagub Sumbar Audy Joinaldy Mengendarai Jetski Arungi Laut Mentawai


Mentawaikab.go.id I Padang - Untuk menggeliat sektor pariwisata Sumbar yang telah lama terdampak pandemi Covid-19, Pemprov Sumbar melirik potensi wisata pulau terluar, di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk Ekspedisi Beriloga Sabeu Island sebagai bagian dari persiapan menuju Visit Beautiful West Sumatera 2023, Minggu (20/2/2022). Program ini digagas Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Ekspedisi dimulai dengan pelayaran menggunakan kapal cepat MV Mentawai Fast II sekitar pukul 06.30 WIB dari Pelabuhan Muaro Padang ke Pulau Sikakap, Mentawai. Dalam perjalanan laut sekitar enam jam itu, Wagub Audy Joinaldy bergabung naik kapal di tengah laut karena dari pelabuhan menunggangi jetski.

“Kita sengaja melakukan ekspedisi ini untuk mendongkrak wisata dan ekonomi di Kabupaten Mentawai khususnya, dan Sumbar pada umumnya,” ujar Audy Joinaldy didampingi Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda dan Ketua Umum IATTA Sumbar M Zuhrizul di atas kapal MV Mentawai Fast II.

Setelah beberapa saat beristirahat di kapal tanpa ganti kostum, Audy kembali mengendarai jetski hingga Pulau Sikakap, dikawal perahu Basarnas.

Sementara itu, M Zuhrizul mengapresiasi Ekspedisi Beriloga Sabeu Island karena sangat potensial dalam mempromosikan dunia pariwisata Sumbar, khususnya di pulau-pulau terluar.

“Program ini sangat luar biasa dalam mengangkat potensi pariwisata. Dengan ekspedisi ini, kita dapat melihat langsung, gimana kondisi objek wisata di Pulau Sikakap ini. Kalau kehebatan laut dan ombaknya, wisatawan sudah tahu. Kini kita coba melirik potensi lain yang mungkin tak kalah hebatnya,” ungkap Zuhrizul sesaat setelah berlabuh di Pulau Sikakap, Minggu (20/2/2022).

Dalam ekspedisi ini, juga ikut Kadispora Sumbar Dedi Diantolani, Kabid IKP Diskomimfotik Indra Sukma serta tim Dinas Kesehatan Sumbar dan Tim SAR.

Selain melirik potensi wisata, dalam rangkaian ekspedisi ini Wagub Audy sekaligus mencanangkan Pulau Saebeloga Sabeu sebagai Pulau Terluar Sumbar,” tambah Zuhrizul.

Menurut Zuhrizul, Kepulauan Mentawai sejak dulunya memiliki pesona wisata luar biasa yang dikenal dunia. Sumber daya alam dan destinasi wisata sangat mempesona sehingga jadi kenangan bagi setiap wisatawan berkunjung.

“Semoga kedatangan Wagub Audy Joinaldy dapat kembali menggeliatkan wisata Sumbar umumnya serta Kepulauan Mentawai khususnya,” ujar Zuhrizul yang juga Owner Lawang Adventure Park.

Wagub Audy dan tim jetski lebih dulu sampai di dermaga Pelabuhan Sikakap, disusul rombongan di Kapal Mentawai Fast II.

Di Pelabuhan Sikakap, Wagub Audy dan rombongan disambut Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet beserta forkopimda dimeriahkan Tari Turuk Uliat Manyang.

Dalam catatan Padek, kegiatan ekspedisi wisata menggunakan jetski jarak jauh seperti dilakoni Wagub Audy ini, juga pernah dilakukan para pegiat wisata tahun 2016 lalu.

Ketika itu, lima pengendara jetski yang dikoordinatori Nofrins Napilus berhasil menuntaskan perjalanan 86 mil laut dari Pelabuhan Muaro Padang menuju Pulau Siberut Mentawai dengan waktu tempuh empat jam. Setelah itu, dari Mentawai menuju Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment