Di Sela Rakor Bupati/Walikota Se-Sumbar, Pemprov Sumbar Bagikan 930 Bantuan Bibit Tanaman Bagi Warga

Oleh : Super Admin Kominfo | 10 Mar 2022 | 16:26:41 WIB | Dilihat : 411 Kali
Di Sela Rakor Bupati/Walikota Se-Sumbar, Pemprov Sumbar Bagikan 930 Bantuan Bibit Tanaman Bagi Warga

Keterangan Gambar : Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat di Goiso O


Mentawaikab.go.id I Goiso' Oinan - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kehutanan menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada warga Mentawai di objek wisata Pantai Desa Goiso' Oinan, Senin (7/3/2022).

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Gubernur, Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur,

Audy Joinaldy secara simbolis dalam rangkaian kegiatan rapat koordinasi Bupati/Walikota Se Sumatera Barat.

Bantuan bibit tanaman diberikan sebanyak 930 batang yang diantaranya berupa, mangrove (bakau) 110 batang, jengkol 600 batang, pinang 100 batang, durian 100 batang, nyamplung 10 batang, dan Cemara laut 10 batang.

Sebagian besar bibit tersebut dibagikan kepada masyarakat diwakili dua kelompok yaitu KTH Leleu Mentawai dari Desa Mara Kecamatan Sipora Selatan dan hutan adat Uma Goiso Oinan dari Desa Goiso Oinan Kecamatan Sipora Utara.

Selanjutnya, bibit mangrove ditanam langsung oleh Gubernur Sumbar beserta rombongan dan Forkopimda Mentawai di pantai Desa Goiso' Oinan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menuturkan bahwa tujuan penanaman mangrove untuk meminimalisir risiko bencana, sebagai potensi wisata, dan  melindungi dari abrasi pantai, dan bentuk kepedulian pemulihan lingkungan pesisir pantai.

Selain itu, kata Mahyeldi, pemberian bibit tanaman untuk menggalakkan sektor pertanian dan menunjang ekonomi masyarakat.

"Harapan kita bantuan bibit tanaman bisa mendukung perkembangan sektor pertanian di Mentawai,"ujarnya di pantai Desa Goiso' Oinan.

Lebih lanjut, Ia berharap potensi sektor perikanan juga ditingkatkan seperti pengembangbiakan kerapu misalnya kerapu cantik yang memiliki nilai ekonomis, pasarnya terbuka, dan bahkan bisa diekspor.

Selain bantuan bibit tanaman, juga diserahkan 3 unit Cultivator dan 3 unit hand tractor bagi kelompok tani.

Sementara itu, Wakil Gubernur, Audy Joinaldy menuturkan bahwa Kepulauan Mentawai selain memiliki potensi wisata yang eksotis namun juga ada potensi lainnya yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian yakni sektor pertanian dan perikanan. (KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment