DPKH Provinsi Sumbar Berikan Bantuan 10 Ekor Sapi Untuk Pemkab Mentawai

Oleh : Suardi Santo | 30 Agu 2019 | 21:05:19 WIB | Dilihat : 298 Kali
DPKH Provinsi Sumbar Berikan Bantuan 10 Ekor Sapi Untuk Pemkab Mentawai

Keterangan Gambar : Asiten III Pemerintahan Pudjo Rahardjo Terima Bantuan 10 Ekor Sapi Dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sumbar.


mentawaikab.gi.id_SIPORA JAYA- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sumatera Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Ternak Ruminansia Air Runding menyerahkan bantuan sapi kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai.

Kepala UPTD Ternak Ruminansia Air Runding   Efrizal mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan sapi kepada Pemkab Mentawai tersebut adalah untuk pengembangan sapi di  Sumatera Barat, dimana Mentawai termasuk Kabupaten yang akan dijadikan sebagai tempat pengembangan Sapi.

"Tujuan kita memberikan bantuan ini adalah untuk pengembangan kawasan peternakan sapi di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat, dimana ada beberapa Kabupaten di Sumbar yang kita jadikan tempat pengembangan Sapi," Terang Efrizal usai menyerahkan bantuan sapi berupa hiba itu, Jumat (30/08) di Balai Benih Unggul (BBU) Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.

Ia menyebutkan untuk percobaan pihaknya memberikan 10 ekor sapi jenis pesisir, yang mana jenis sapi ini diyakini cocok untuk iklim di Daerah Kepulauan Mentawai, selanjutnya dikelolah oleh Dispangtan melalui UPTD pengembanga sapi.

"Saya sudah melakukan beberapa kali supervisi dan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Buntin (Usus Siwab) di Mentawai, jenis sapi bali dan pesisir sangat cocok dikembangkan, karena melihat lahan dan iklim cuacanya, " tuturnya.

Sementara itu Kepala Dispangtan Mentawai Hatisama Hura sangat menyambut baik program  pengembangan sapi di Kepulauan Mentawai, dimana menurutnya Mentawai memang cocok untuk dijadikan kawasan pengembangan sapi, karena melihat iklim dan lahan serta ketersediaan pakan.

"Kita dari Mentawai memang sedang merencanakan pengembangan kawasan peternakan sapi, tentu kita harus menyediakan lahan untuk itu, ladang pengembalaan seperti di Air Runding, dan bantuan ini merupakan motivasi awal dan kita ucapkan  terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, " tuturnya.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Bupati Kepulauan Mentawai Mentawai melalui Asisten III Sekertariat Daerah Mentawai Pudjo Rahardjo, yang selanjutnya secara teknis akan dikelolah oleh Dispangtan setempat. (Red).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment