Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Mentawai Pamit Bertepatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50

Oleh : Super Admin Kominfo | 17 Mei 2022 | 16:08:12 WIB | Dilihat : 369 Kali

Berita Terkait

Berita Populer

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Mentawai Pamit Bertepatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50

Keterangan Gambar : Ketua TP PKK Mentawai Rosmaida Yudas bersama Wakil Ketua TP PPK Mentawai pada acara Peringatan HKG PKK ke 50 di Tuapejat


Mentawaikab.go.id I Tuapejat  -  Periode kepengurusan Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai segera berakhir diiringi berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati pada Minggu (22/5/2022) mendatang.

Oleh sebab itu, pada momen perayaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50, Rosmaida Yudas, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggunakan momen tersebut untuk pamit dan merefleksi kembali serta mengajak pengurus PKK melanjutkan program ke depan dalam hal pemberdayaan masyarakat.

"Semoga semangat PKK tetap hidup. Pengurus PKK Kecamatan terus lakukan amanah pemberdayaan masyarakat. Memberi support, tidak hanya secara materi atau tidak harus bermodalkan uang, tetapi bisa mencari solusi dan berkoordinasi dengan OPD terkait. Jangan minder, namun harus percaya diri. Kader posyandu, dasawisma, dan masyarakat terkait pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan masalah keluarga,"imbau Rosmaida di aula Bappeda, Jumat (13/5/2022).

Rosmaida mengatakan, selama 15 tahun sejak usianya 27 tahun, Ia berkecimpung di PKK dan banyak suka duka namun juga perubahan yang telah terjadi.

Menurutnya, Kepengurusan PKK Kabupaten yang berjumlah sekira 30 orang ini cukup solid dan tangguh menghadapi rintangan geografis Kepulauan Mentawai, mengarungi badai dalam perjalanannya.

Satu dekade berlalu, perubahan yang terjadi diantaranya munculnya craft center berkat kerjasama tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang dirasakan cukup bermanfaat bagi para Pengrajin maupun pengusaha UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari berbagai kecamatan.

Kemudian, adanya souvenir dan kerajinan khas Mentawai setelah diadakan pelatihan kerajinan. Begitu juga dengan munculnya Batik Mentawai dengan motif tato Sikerei dari Pengrajin batik Mentawai yang telah melalui pelatihan.

Selain itu, meningkatnya pengolahan ikan, pisang, sagu, ubi, dan pembuatan kue. Kemudian, dari sisi kebersihan masyarakat sudah lebih baik.

Rosmaida juga mengajak agar masyarakat tetap membudidayakan gemar konsumsi ikan kepada anak-anak sejak dini agar tumbuh menjadi cerdas dan sumber ikan yang tersebar di Bumi Sikerei bisa dimanfaatkan sebagai sumber ekonomi.

Selanjutnya, Ia juga berpesan kepada pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) ,Ikatan Kekeluargaan Istri dan Ibu Anggota Dewan (IKIAD), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), pengurus PKK kecamatan dan desa, dan P2TP2A agar terus melakukan penyuluhan, pemberdayaan, maupun upaya pencegahan.

"Terimakasih atas kebersamaan selama ini dan mohon maaf atas kekurangan selama bertugas. Mari lanjutkan dedikasi kepada masyarakat dan tetap menjaga tali silaturahmi,"ujar Rosmaida 

Hal senada juga disampaikan oleh Imer Azariah, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Selama ini, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai terkesan sangat semangat, cekatan, dan tangguh. Bagi pengurus PKK Kecamatan, silahkan diteladani semangat Ketua PKK selama ini dan bertanya jika ada yang diragukan,"ujarnya.

Imer juga mengimbau agar bekerjasama menggunakan talenta, menyumbangkan tenaga, dan pemikiran, serta bergandengan tangan membangun daerah. 

"Jika bukan kita yang membangun daerah siapa lagi. Kami mohon pamit dan mohon maaf jika ada salah dan kekurangan selama bertugas. Mari lanjutkan teladan yang baik selama ini,"pungkasnya.(KS)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment