Pemda Mentawai Lakukan Gerakan Menanam Sejuta Cabe

Oleh : Super Admin Kominfo | 07 Sep 2022 | 20:03:36 WIB | Dilihat : 241 Kali
Pemda Mentawai Lakukan Gerakan Menanam Sejuta Cabe

Keterangan Gambar : Kapolda Sumbar bersama Forkopimda Mentawai menanam cabe secara simbolis (Foto:humas)


Mentawaikab.go.id I Tuapejat - Dalam rangka membentuk ketahanan pangan untuk pengendalian inflasi, Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai memberikan bantuan bibit cabe kepada para petani.

Bantuan diserahkan kepada petani di kantor Bupati Kepulauan Mentawai, Selasa (6/9/22), secara simbolis dan diserahkan langsung oleh Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Teddy Minahasa saat melakukan kunjungan kerja di lingkungan Polres Kepulauan Mentawai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mentawai, Hatisama Hura mengatakan bahwa bibit cabe dibagikan kepada masyarakat masing-masing Kepala keluarga mendapatkan 10 bibit cabe di polybag.

"Ini merupakan program PJ Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan untuk ketahanan pangan dan pengendalian inflasi, dimana harga cabe, bawang, dan sembako lainnya fluktuatif. Apalagi semua kebutuhan bahan pokok bergantung dari Kota Padang,"ujar Hatisama Hura, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mentawai, Selasa (6/9/2022).

Targetnya, menanam satu juta bibit cabe secara bertahap. Hingga akhir tahun 2022 sekira 10 ribu bibit, dan dilanjutkan tahun 2023 yang dibagi per wilayah di sepuluh kecamatan.

"Tujuan program ini untuk menggerakkan masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, dan meningkatkan perekonomian,"imbuh Hatisama Hura.

Ia menambahkan, pihaknya akan menugaskan penyuluh pertanian melakukan pembinaan dan pengembangan di tengah masyarakatndan berkoordinasi dengan Camat serta Kepala desa terkait distribusi cabe.

Sementara itu, Yuli Rahwanto salah satu petani yang menerima bantuan menyampaikan terimakasih dan berharap dapat mencukupi kebutuhan keluarga, bahkan masyarakat lainnya. (KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment