PJ Bupati Kepulauan Mentawai Launching Layanan Kapal Cepat Antar Pulau

Oleh : Super Admin Kominfo | 28 Nov 2022 | 23:35:52 WIB | Dilihat : 332 Kali
PJ Bupati Kepulauan Mentawai Launching Layanan Kapal Cepat Antar Pulau

Keterangan Gambar : MV Mentawai Fast Antar Pulau


Mentawaikab.go.id I Tuapejat – Kapal cepat antar pulau Mentawai yang menjadi primadona masyarakat karena efektifitas waktu tempuh dan kenyamanannya, resmi dilaunching Martinus Dahlan, PJ. Bupati Kepulauan Mentawai di dermaga Tuapejat, senin (28/11/2022).

Ia meminta kapal tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan mempermudah urusannya. 

“UMKM di Mentawai semakin menggeliat. Kita sudah meminta kepada pihak Mentawai fast agar hasil produk UMKM yang sudah terdaftar di Koperindag yang dibawa dari Mentawai ke Padang maupun antar pulau, agar digratiskan. Begitu juga masyarakat yang sakit ketika dirujuk ke Tuapejat agar digratiskan,”kata Martinus.

Ia juga mengajak ASN di setiap OPD yang hendak melakukan perjalanan dinas, agar dapat menggunakan layanan MV Mentawai fast antar pulau untuk memangkas anggaran yang lebih besar jika menggunakan transportasi bot.

Sementara itu, imbuhnya, kapal antar pulau milik Pemda tetap berlayar untuk melayani trayek masyarakat yang tidak terlayani kapal cepat antar pulau. Kemudian, terkait angkutan bahan sembako, kendaraan, dan lainnya rute antar pulau, akan dikaji kembali oleh Dinas Perhubungan.

Diketahui, kapal Mentawai fast antar pulau disubsidi oleh Pemerintah dengan anggaran sekira Rp 1 miliar.

“Skemanya, kita menghitung biaya produksi dengan pendapatannya. Ketika ada selisih, baru disubsidi yang dituangkan dalam seat. Seat 60% dari 200 seat. Ketika penumpangnya 120, tidak disubsidi lagi. Jika misalnya 110 terisi, 10 disubsidi sesuai tarif dan rute transportasinya per sekali jalan,”papar Tohap Nababan Kadis Perhubungan Mentawai.(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment