TP PKK Provinsi Sumbar Gelar Bimtek Gerakan PKK Tahun 2023 di Mentawai

Oleh : Super Admin Kominfo | 17 Okt 2023 | 12:21:13 WIB | Dilihat : 408 Kali
TP PKK Provinsi Sumbar Gelar Bimtek Gerakan PKK Tahun 2023 di Mentawai

Keterangan Gambar : Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak Hadiri Bimtek Gerakan PKK Tahun 2023


MENTAWAIKAB.GO.ID | TUAPEJAT- Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan bimbingan teknis (Bimtek) serta kegiatan gerakan PKK tahun 2023 ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bimtek ini diadakan dalam rangka meningkatkan pelaksanaan kegiatan gerakan PKK di Sumatera Barat.

Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh Ketua TP PKK Kecamatan beserta pengurus se-Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dilaksanakan di Aula Bapedda km 4 Sipora Utara, Senin (16/10).

Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan PKK sebagai mitra Pemerintah mempunyai peran strategis membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan keluarga, pengentasan kemiskinan, Penurunan Stunting dan pemberdayaan Masyarakat. Menurut dia PKK juga khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai sampai saat ini telah memberikan banyak kontribusi dan turut menyukseskan program Pemerintah.

“ bapak ibu yang kami hormati, seperti yang kita ketahui perangkat PKK di Kabupaten Kepulauan Mentawai sampai dengan saat ini telah memberikan banyak kontribusi, turut memberikan program Pemerintah, pengentasan keaksaraan fungsional, penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan angka stunting dan gizi buruk,, perencanaan sehat, peningkatan ketahanan pangan keluarga pekarangan masing-masing, pembentukan keluarga sehat, dan masih banyak program kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK.’’ Jelasnya.

Fernando menyebutkan Kader PKK dan kelompok Dasawisma khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai begitu aktif dalam menjalankan kegiatannya.

“beberapa hari yang lalu saya Bersama ibu ketua PJ TP PKK kepulauan Mentawai, meninjau langsung kegiatan yang dilaksanakan oleh beberapa kelompok dasawisma yang ada di kecamatan sipora utara dan sipora selatan, saya membayangkan jika setiap rumah yang ada di kabupaten kepulauan Mentawai punya tanaman pekarangan, tentu kita bisa berkontribusi menurunkan angka stunting, dan bisa menekan angka inflasi.’’ Ujarnya.

Fernando berharap semoga hasil Bimtek bisa memperdalam ilmu, menambah wawasan semua anggota TP PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai dan apa yang didapat bisa diimplementasikan serta bisa dibagi dengan masyarakat sekitar serta selaras dengan program dan kebijakan pemerintah.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Harneli Mahyeldi mengatakan Bimtek ini tidak hanya sekedar pertemuan biasa tapi bertukar informasi dan pengalaman untuk kebaikan masyarakat. Kader PKK orang pertama yang berhadapan langsung dengan masyarakat, mengetahui tantangan hidup masyarakat.

Harneli juga menyebutkan dan yakin bahwasannya PKK kabupaten Kepulauan Mentawai sudah banyak pengalamannya dalam hal  berorganisasi.

“ ibu bapak dan hadirin yang berbahagia, sebelumnya kita berterimakasih kepada Bupati dan kepala seluruh pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang sudah bersedia menyambut kita dari Propinsi untuk melakukan bimbingan teknis. Kita yakin walaupun kita tidak datangi dan melakukan bimbingan teknis, ibu ibu PKK sudah banyak pengalamannya, karna memang menjadi pengurus PKK bukan baru baru saja ya ibu, luar biasanya ibu PKK aktif berbagai organisasi walaupun gajinya sedikit tapi yang diharapkan bukan gajinya tapi bagaimana mensosialisasikan, mengedukasi masyarakat supaya paham tentang program program PKK termasuk salah satunya bagaimana meminimalisir stunting, kekerasan terhadap perempuan dan sebagainya.’’ Ucapnya.

Diakhir sambutannya Harneli menambahkan pembinaan ini penting dilakukan untuk mensosialisasikan program unggulan dari masing-masing POKJA. Ia juga mengatakan dari pokok program penghayatan dan pengamalan kepada Pancasila, dan gotong royong , PKK mempunyai program unggulan yaitu Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital. Kata Harneli tanpa PKK peduli, maka anak- anak akan terbawa arus gelombang yang akan membawa mereka kepada kegagalan dalam hidupnya.

Herneli berharap Semoga setiap program Unggulan PKK akan dilaksanakan di Kabupaten kepulauan Mentawai. {Md}.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment