Galakkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Ajak Warga Aktifkan Lahan Kosong

Oleh : Super Admin Kominfo | 25 Okt 2022 | 20:59:36 WIB | Dilihat : 333 Kali
Galakkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Ajak Warga Aktifkan Lahan Kosong

Keterangan Gambar : Penanaman Bibit Cabe di Lahan KAUM Bersama PJ Bupati Mentawai, Dandim, Polres, dan Dinas Pertanian


Mentawaikab.go.id I Tuapejat – Pemerintah provinsi dan daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, menyalurkan bantuan bibit cabe untuk penanaman seluas dua hektar di lahan perkebunan panti asuhan KAUM di Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Senin (24/10/2022).

PJ. Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan mengimbau warga agar memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanam tanaman cepat panen dan berkelanjutan.

Tujuannya, untuk mengantisipasi krisis pangan dan gejolak inflasi serta menggalakkan ketahanan pangan.

"Di Indonesia, inflasi tertinggi ada di Provinsi Sumbar yaitu 8,4 % sehingga berpengaruh terhadap tingginya harga bahan pokok. Kita mengajak masyarakat di desa dan Kecamatan agar mengolah pekarangan maupun lahan kosong untuk gerakan penanaman cabe, sehingga kebutuhan warga dapat terpenuhi,"ujar Martinus Dahlan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hatisama Hura mengatakan penanaman cabe juga sudah dilakukan di Muara Siberut, Sikabaluan, dan Peipei.

" Bantuan dari provinsi ada 32 ribu batang dan 3 ribu batang bibit cabe dari Dinas ketahanan pangan dan pertanian Mentawai. Hingga akhir tahun ini, targetnya 40 ribu batang batang bibit cabe didistribusikan. Bantuan lainnya berupa pupuk dolomite 1 ton, npk 1 ton yang akan dibagikan kepada masyarakat,"tutur Hura.

Selanjutnya, untuk pengolahan cabe akan diberikan pembinaan pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, dan pemupukannya.

Harapannya, generasi muda dari panti asuhan KAUM terlatih berkebun dan ke depan bisa mengolah lahan secara mandiri.

"Kita juga sudah membibitkan sekira 5 ribu batang bibit cabe di BBU. 3 minggu ke depan masyarakat dapat mengambilnya dan masing2 KK 20 batang,"ujarnya.

Sementara itu, pengurus Panti Asuhan KAUM, Jefri S. Kayai mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut. (KS)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment