Pawai Karnaval kendaraan Hias Lestarikan Kebhinekaan Seni Budaya dan Kearifan Lokal di Bumi Sikerei

Oleh : Super Admin Kominfo | 05 Okt 2022 | 22:57:54 WIB | Dilihat : 230 Kali
Pawai Karnaval kendaraan Hias Lestarikan Kebhinekaan Seni Budaya dan Kearifan Lokal di Bumi Sikerei

Keterangan Gambar : Atraksi Pawai Karnaval Kendaraan Hias di Kantor Bupati Kepulauan Mentawai


Mentawaikab.go.id I Tuapejat - Peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke 23 dihiasi dengan atraksi pawai karnaval kendaraan hias oleh puluhan OPD dan desa se Kecamatan Sipora Utara pada Selasa (4/10/2022).

Tujuannya, untuk membangkitkan semangat kebersamaan dalam keberagaman dengan menonjolkan nilai-nilai seni, budaya, dan kearifan lokal Bumi Sikerei seperti daun rumbia, daun kelapa, bunga, bambu, baju adat mentawai dan aksesorisnya, serta fungsi dari masing-masing instansi.

Melalui pawai tersebut diharapkan agar masyarakat Mentawai melestarikan nilai-nilai seni budaya di Bumi Sikerei dan masyarakat luar dapat menyaksikan indahnya nuansa atraksi budaya Mentawai yang dipadukan dengan budaya lainnya di Indonesia.

Pawai dilakukan dengan kendaraan hias sepeda motor, mobil pick up, becak motor, dan mobil dinas. Kegiatan pawai karnaval kendaraan hias dimulai dari dermaga Tuapejat di kilometer nol, dilanjutkan menuju kantor Bupati dan selanjutnya menuju  tugu Sikerei di kilometer sembilan.

Peserta pawai tampak semangat dan ceria mengikuti pawai meskipun kondisi cuaca hujan lebat disertai angin kencang. Dalam perjalanan, peserta pawai meneriakkan yel yel sembari unjuk kearifan lokal bumi sikerei. Warga yang menyaksikan pun terpukau akan atraksi tersebut.

 “Atraksi pawai cukup menarik dan bagus dengan keunikan masing-masing. Semoga ke depan Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat lebih maju lagi,”ujar Rohana salah satu warga Kecamatan Sipora Utara. (KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment