Tingkatkan Hasil Panen, Pemerintah Berikan Bantuan Kepada Petani Sawah Di Desa Tuapejat

Oleh : Super Admin Kominfo | 23 Okt 2022 | 20:18:19 WIB | Dilihat : 279 Kali
Tingkatkan Hasil Panen, Pemerintah Berikan Bantuan Kepada Petani Sawah Di Desa Tuapejat

Keterangan Gambar : Hamparan sawah di Dusun Mapaddegat


Mentawaikab.go.id I Tuapejat – Sedikitnya, 700 kilogram bibit padi unggul dari Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Mentawai untuk tiga kelompok tani sawah di Dusun Mapadegat Desa Tuapejat didistribusikan.

Kepala Desa Tuapejat, Pusuibiat T Oinan mengajak petani sawah agar semakin termotivasi melakukan budidaya tanaman padi dengan adanya bantuan dari pemerintah setempat.

“Untuk meningkatkan produktivitas petani sawah, tahun 2022 pemerintah desa Tuapejat juga memberikan bantuan tiga unit hand traktor kepada petani. Selain itu, juga akan didistribusikan bantuan berupa dua unit mesin perontok padi pada petani sawah di Dusun Mapadegat, satu unit di Dusun Berkat, dan satu unit di Dusun Pukaraiat. Kemudian, kipas pembersih padi dan tangki semprot untuk kelompok tani dusun berkat dan pukaraiat,”ujar Pusuibiat, Jumat (21/10/2022) di Dusun Mapaddegat.

 

Pusuibiat berharap melalui hasil tani sawah, mampu mendongkrak perekonomian warga. Sementara itu, penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Tuapejat, Paber Hasudungan mengungkapkan bahwa hasil pertanian sawah tahun ini kurang memuaskan, hanya mencapai satu hingga dua ton per hektar di Dusun Mapaddegat.

Beberapa kendala penyebab anjloknya hasil panen diantaranya, proses budidaya padi tidak serentak, bibit tidak seragam, pengolahan tanah tidak serentak, dan faktor cuaca.

Pada tempat yang sama, Babinsa koramil 03 Sioban, Serka Dendi Sartika juga terus berupaya mengajak warga binaannya meningkatkan ketahanan pangan dari tani sawah bersama stakeholder terkait.(KS)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment