Tingkatkan Kualitas SDM Sejak Dini, Sekda Mentawai Ajak Generasi Bumi Sikerei Gemar Membaca

Oleh : Super Admin Kominfo | 29 Sep 2022 | 00:04:25 WIB | Dilihat : 266 Kali
Tingkatkan Kualitas SDM Sejak Dini, Sekda Mentawai Ajak Generasi Bumi Sikerei Gemar Membaca

Keterangan Gambar : Sekda Mentawai saat memberikan sambutan


Mentawaikab.go.id I Tuapejat - Plt. Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi mengapresiasi kegiatan lomba cerita rakyat Mentawai tingkat SD dan mewarnai tingkat TK/PAUD yang digelar oleh Dinas kearsipan dan perpustakaan Mentawai di aula Bundo guest house, Selasa hingga Rabu (27-28 September 2022).

Menurutnya, untuk mengejar ketertinggalan pembangunan literasi dan gemar membaca  di tingkat Provinsi dan nasional, salah satunya melalui lomba literasi. 

"Budaya gemar membaca sangat penting kita laksanakan, karena dapat menambah wawasan, meningkatkan SDM dan kualitas generasi muda Bumi Sikerei di masa depan yang lebih maju dan sejahtera,"tutur Rinaldi di aula Bundo guest house, Selasa (27/9/2022).

Ia mengimbuhkan, meskipun Kabupaten Kepulauan Mentawai baru memasuki usia 23 tahun, namun budaya tato Mentawai diakui sebagai tato tertua di dunia.

 

"Sebenarnya secara cerita, harus kita teruskan dari generasi ke generasi. Dengan membaca cerita dan menceritakan kembali, maka cerita atau kisah Mentawai dapat diketahui atau diwariskan dari generasi ke generasi,"katanya.

Rinaldi menambahkan, peningkatan kualitas literasi dan gerakan gemar membaca harus terus kita tingkatkan melalui promosi kegiatan gemar membaca, tidak hanya dalam lomba, namun juga dalam keseharian bahkan hingga tua. 

Rinaldi berharap, kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini dan ke depan dapat digelar di tingkat kecamatan hingga kabupaten dan betul-betul dipersiapkan.

Selain itu, Ia juga berharap, Dinas kearsipan dan perpustakaan Mentawai ke depan semakin ditingkatkan program yang langsung dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat.(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment